HOUSE OF HOGWARTS (ASRAMA HOGWARTS)

Asrama Hogwarts adalah asrama yang digunakan oleh para murid di sekolah sihir Hogwarts sebagai tempat tinggal selama belajar di Hogwarts.Pembagian asrama ini berdasarkan seleksi yang dilakukan oleh Topi Seleksi.Di serial Harry Potter, asrama tersebut terbagi menjadi empat yang masing-masing namanya menggunakan nama keluarga pendiri sekolah sihir Hogwarts, yaitu Godric Gryffindor, Salazar Slytherin, Rowena Ravenclaw dan Helga Hufflepuff.
Murid-murid dari asrama-asrama tersebut saling bersaing selama mereka bersekolah dengan menambah atau mengurangi angka yang didapat dari berbagai peristiwa untuk memperoleh Piala Asrama yang diumumkan pada akhir tahun ajaran. Masing-masing asrama juga memiliki tim Quidditch tersendiri yang bersaing dalam memperebutkan Piala Quidditch.


GRYFFINDOR
Nama asrama ini diambil dari nama salah satu pendiri sekolah Hogwarts, Godric Gryffindor. Ia adalah salah satu penyihir terbesar di masanya. Gryffindor hidup kira-kira seribu tahun yang lalu bersama tiga pendiri lainnya.Peninggalan Gryffindor yang ada saat ini adalah topi seleksi yang dulu adalah miliknya, dan pedang bertahtakan permata dengan diukir  namanya yang disimpan di kantor Profesor Albus Dumbledore.Binatang identitas asrama ini adalah singa.Merah dan emas adalah warna kebanggaan Gryffindor. Hantu penjaga asrama ini adalah Sir Nicholas de Mimsy-Porpington yang disebut juga dengan “Nick Si Kepala Nyaris Putus”.
Murid-murid yang tinggal di asrama Gryffindor digambarkan sebagai orang-orang yang gagah berani, bersifat ksatria dan tidak mengenal rasa takut, meskipun terkadang sampai ke titik agresivitas dan kecerobohan.Banyak Auror, satuan elit pemburu dan penangkap penyihir hitam dari Kementrian Sihir merupakan alumni Gryffindor.Mayoritas anggota Laskar Dumbledore dan Orde Phoenix juga dari Gryffindor.
Namun tidak semua penyihir dari Gryffindor memiliki kualitas seperti layaknya Gryffindor.Sebagai contoh, Peter Pettigrew yang tergolong lemah dan penakut, dan cenderung “lebih memihak pada sisi yang menang” hingga berani mengkhianati teman-temannya sendiri.

Nama-nama Beberapa Penyihir dari Gryffindor

Godric Gryffindor
Albus Dumbledore
Aberforth Dumbledore
Minerva McGonagall
Rubeus Hagrid
James Potter
Lily Potter
Sirius Black
Remus Lupin
Peter Pettigrew
Harry Potter
Ron Weasley
Hermione Granger
Neville Longbottom
Seamus Finnigan
Dean Thomas
Lavender Brown
Parvati Patil
Colin Creevey
Dennis Creevey
Lee Jordan
Oliver Wood
Angelina Johnson
Alicia Spinnet
Katie Bell
Cormac McLaggen
Demelza Robins
Weasley’s Family
Jimmy Peakes



HUFFLEPUFF
Nama asrama ini diambil dari nama salah satu pendiri Horgwarts, Helga Hufflepuff.Binatang identitas asrama Hufflepuff adalah badger dan kenari dengan kuning dan hitam sebagai warna kebanggaannya.The Fat Friar adalah hantu penjaga asrama ini. Menurut JK Rowling, Hufflepuff berkesesuaian dengan element tanah, karena itu asrama ini berlokasi di ruangan bawah tanah tepatnya di dekat dapur Hogwarts.
Peninggalan Hufflepuff adalah sebuah piala (cawan) yang pada akhirnya diketahui adalah Horcrux.

Asrama Hufflepuff menilai kerja keras, kesabaran, kesetiaan, dedikasi, toleransi dan keadilan di atas semuanya.Beberapa Auror dan anggota Orde Phoenix berasal dari sini.Terdapat lima orang anggota Laskar Dumbledore juga alumni asrama ini.

Nama-nama Beberapa Penyihir dari Hufflepuff

Helga Hufflepuff
Hengist of Woodcroft
Pomona Sprout
Amos Digory
Cedric Digory
Ernie Macmillan
Hannah Abbott
Justin Finch-Fletchley
Newt Scamander
Nymphandora Tonks
Zacharias Smith
Susan Bones
Wayne Hopkins
Megan Jones


RAVENCLAW
Nama asrama ini diambil dari nama salah satu pendiri Hogwarts, Rowena Ravenclaw.Lambang asrama ini adalah elang dengan biru dan perunggu sebagai warna kebanggaannya.Hantu penjaga asrama ini adalah The Grey Lady, yang didungkapkan di Harry Potter and the Deathly Hallows sebagai Helena Ravenclaw atau putri dari Rowena Ravenclaw.Menurut JK Rowling, Ravenclaw berhubungan dengan element udara.Peninggalan Ravenclaw adalah sebuah mahkota yang kemudian dibuktikan sebagai Horcrux.Ruang rekreasi Ravenclaw berada di salah satu menara sekolah.Menara Ravenclaw memiliki pemandangan yang paling spektakuler dibanding asrama lain, sehingga para penghuni Ravenclaw dapat melihat pemandangan-pemandangan di sekitar Hogwarts.Untuk masuk ke dalam ruang rekreasui, teka-teki logis harus diselesaikan.

Ravenclaw mwnilai kecerdasan, kreativitas, akal, kebijaksanaan dan individualitas.
“Kepintaran tak terhingga merupakan harta manusia yang paling berharga” adalah kutipan yang sering diulang oleh Ravenclaw.
Mayoritas siswi-siswi penghuni asrama ini dapat dikatakan cantik dan menarik, seperti Cho Chang, Luna Lovegood, Padma Patil.Hermione Granger sempat dipertimbangkan untuk masuk asrama ini oleh Topi Seleksi sebelum akhirnya ia dimasukkan ke Gryffindor.

Nama-nama Beberapa Penyihir dari Ravenclaw

Rowena Ravenclaw
Helena Ravenclaw
Filius Flitwick
Myrtle Merana
Anthony Goldstein
Cho Chang
Gilderoy Lockhart
Marcus Belby
Penelope Clearwater
Marietta Edgecombe
Roger Davies
Michael Corner
Terry Boot
Padma Patil
Luna Lovegood
Quirinus Quirrell
Stephen Cornfoot
Kevin Entwhistle
Sue Li
Isobel MacDougal


SLYTHERIN
Nama asrama ini diambil dari anma salah satu pendiri Hogwarts, Salazar Slytherin.Lambang  asrama ini adalah ular dengan warna hijau dan perak sebagai warna identitasnya.Bloody Baron adalah hantu asrama Slytherin.Menurut JK Rowling, Slytherin berhubungan dengan element air, karena itu ruang rekreasi asrama Slytherin terletak di bawah danau sehingga ruangannya memiliki semburat cahaya kehijauan.Ruangan ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu hijau dan kursi-kursi berukir.

Sifat-sifat Slytherin tergolong rawan disalahgunakan untuk kejahatan.Itulah sebabnya banyak Pelahap Maut berasal dari asrama ini.Harry Potter sempat dipertimbangkan untuk masuk ke asrama ini oleh Topi Seleksi sebelum akhirnya ia dimasukkan ke Gryffindor karena Harry berkata “Jangan Slytherin” beberapa kali.Harry juga memiliki beberapa sifat Slytherin, seperti ambisi dan kecenderungan melanggar aturan.

Nama-nama Beberapa Penyihir dari Slytherin

Salazar Slytherin
Tom Marvolo Riddle / Lord Voldemort
Regulus Black
Evan Rosier
Horace Slughorn
Severus Snape
Lucius Malfoy
Narcissa Malfoy
Draco Malfoy
Vincent Crabbe
Gregory Goyle
Bellatrix Lestrange
Black’s Family (except Sirius Black)
Daphne Greengrass
Astoria Greengrass
Theodore Nott
Mulciber
Avery
Rodolphus Lestrange
Rabastan Lestrange
Scabior
Pansy Parkinson
Millicent Bulstrode
Tracey Davis
Blaise Zabini



Credit to : Wiki, dengan beberapa perubahan
 

 

Comments

Popular posts from this blog

72 Iblis

PROFIL KARAKTER PENYIHIR DI HARRY POTTER